Sabtu, 18 Desember 2010

Tugas Etika Bisnis_ CSR (Tanggung Jawab Perusahaan)

HERNITA FEBRIANI

10207535

4EA01

TUGAS ETIKA BISNIS - CSR

CSR (Corporate Social Responsibility) atau Tanggung Jawab Perusahaan

CSR (Corporate Social Responsibility) atau Tanggung Jawab Perusahaan merupakan suatu konsep bahwa perusahaan adalah memiliki tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas, dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.

CSR berhubungan erat dengan “pembangunan berkelanjutan” dimana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melakukan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan misalnya keuntungan melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun jangka panjang.

CSR mengharuskan suatu perusahaan dalam pengambilan keputusannya bersungguh-sungguh memperhitungkan akibat terhadap seluruh pemangku kepentingan atau stakeholder perusahaan termasuk lingkungan hidup. Hal ini mengharuskan perusahaan untuk membuat keseimbangan antara kepentingan beragam pemangku kepentingan eksternal dengan kepentingan pemegang saham yang merupakan pemangku kepentingan internal.

Sebuah definisi yang luas oleh World Business Council for Sustainable Development (WBCSD) yaitu suatu asosiasi global yang terdiri dari sekitar 200 perusahaan yang secara khusus bergerak dibidang “pembangunan berkelanjutan” yang menyatakan bahwa: CSR merupakan suatu komitmen berkelanjutan oleh dunia usaha untuk bertindak etis dan memberikan kontribusi kepada pengembangan ekonomi dari komunitas setempat ataupun masyarakat luas, bersamaan dengan peningkatan taraf hidup pekerjanya beserta seluruh keluarganya.

Skala dan sifat keuntungan CSR untuk suatu organisasi berbeda-beda tergantung dari sifat perusahaan tersebut. Banyak pihak berpendapat sangat sulit mengukur kinerja CSR, walaupun sebenarnya banyak literatur yang memuat cara mengukurnya. Literatur tersebut misalnya metode balance scorecard selain itu literature lainnya yaitu orlizty, Schmidt, dan rynes.

CSR dapat digunakan untuk membentuk suatu atmosfer kerja yang nyaman diantara para staf, terutama apabila mereka dapat dilibatkan dalam kegiatan yang mereka percayai bisa mendatangkan manfaat bagi masyarakat luas.

CSR juga dapat berperan untuk menciptakan loyalitas konsumen atas dasar nilai khusus dari etika perusahaan yang juga merupakan nilai yang dianut masyarakat. Menurut Philip Kotler dan Nancy Lee ada dua jenis kegiatan CSR yang bisa mendatangkan keuntungan terhadap merek yaitu Corporate Social Marketing (CSM), dan Cause Related Marketing (CRM).

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Tanggung_jawab_sosial_perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar