Rabu, 04 November 2009

PERILAKU KONSUMEN_1

Hernita Febriani

10207535

3 EA 01

MUDIK dan KENDARAAN BERMOTOR

Mudik adalah sebuah tradisi saat menjelang hari raya Idul Fitri atau Lebaran. Dimana masyarakat kembali ke kampung halaman mereka untuk berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara mereka untuk bersama-sama meryakan hari raya Idul Fitri di kampong halamn mereka.

Pada tahun ini alat transportsi tahun ini didominasi oleh kendaraan bermotor . Hal tersebut disebabkan mudahnya mendapatkan sebuah sepeda motor dengan hanya memiliki sejumlah uang mampu memperoleh sebuah motor. Bagi para pemudik yang penting mereka bisa sampai ke kampung halaman mereka.

Inilah salah satu perilaku konsumen saat menjelang hari raya Idul Fitri. Produsen atau perusahaan-perusahaan motor meningkatkan produksi motor dikarenakan momen yang pas saat Lebaran. Bagi para pemudik, motor menjadi salah satu transportasi yang dianggap mudah dalam hal harga dan mudah dalam memperolehnya. Harga yang ditawarkan oleh produsen berada dalam batas yang sesuai dengan harga bagi sebuah sepeda motor. Namun, kemudahan memperoleh motor tersebut lah yang membuat para pemudik lebih memilih menggunakan sepeda motor dibanding dengan kendaraan lainnya. Kredit merupakan cara yang banyak digunakan untuk memperoleh sepeda motor. Namun, ada pula dengan cara pelelangan sepeda motor.

Dapat dilihat jangankan saat mudik pada hari biasa pun kendaraan bermotor saat ini lebih mendominasi jalan-jalan bahkan terkadang mereka tidak mau mengalah pada kendaraan lainnya. Saya melihat sendiri dan mungkin masyarakat pun juga melihat jumlah kendaraan motor yang meningkat diakibatkan mudahnya memperoleh kendaraan beroda dua tersebut. Para pengguna sepeda motor berpikir dengan menggunakan motor mereka dapat sampai ditempat tujuan dengan cepat. Kini keadaan tidak sama dengan apa yang mereka pikirkan saat ingin membeli kendaraan bermotor. Konsumen berpikir hidup di kota besar seperti Jakarta lebih baik menggunakan kendaraan beroda dua untuk menghindari kemacetan dan lebih cepat sampai ditambah lagi kemudahan mendapatkan motor membuat jumlah motor meningkat dalam penjualan dan produksi.

Kembali pada saat mudik para pengguna sepeda motor meningkat. Kurang lebih 100 jumlah kendaraan sepeda motor yang digunakan pada saat mudik. Jumlah itu meningkat dari tahun kemarin. Meningkatnya jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor maka semakin banyak jumlah kecelakaan yang terjadi pada kendaraan beroda dua tersebut. Bagaimana tidak terjadi kecelakaan satu motor mengangkut lebih dari dua orang. Belum lagi beban berlebihan yang mereka bawa.

Peningkatan penjualan kendaraan bermotor ini mungkin terjadi sebelum Lebaran dan ditunjang pula oleh momen hari raya Idul fitri. Produsen meningkatkan produksi motor karena Indonesia merupakan Negara yang memiliki penduduk yang padat dan Negara yang strategis. Penduduk Indonesia pun bersifat terbuka akan perkembangan teknologi salah satunya adalah kendaraan beroda dua. Sehingga memudahkan produsen mengembangkan produknya di Indonesia ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar