Rabu, 04 November 2009

PERILAKU KONSUMEN_2

HERNITA FEBRIANI

3EA01

10207535

Perilaku Konsumen

Segmentasi Penjualan Pakaian Muslimah Pada Saat Menjelang Lebaran

Selain ketupat, opor ayam, pakaian muslim menjadi salah satu tradisi yang tidak lepas saat menjelang Lebaran. Dari mulai anak-anak hingga dewasa. Dari wanita maupun pria. Saat menjelang Lebaran peningkatan penjualan pakaian yang mencolok salah satunya adalah pakaian muslim bagi wanita. Sebab pakaian muslim menjadi salah satu ciri khas untuk menyambut Lebaran. Bagi kaum wanita pakain muslim membuat wanita terlihat sopan dan muslimah saat melaksanakan sholat Id disaat Idul Fitri.

Banyaknya permintaan konsumen pakaian muslim terutama kaum wanita menjelang Lebaran membuat produsen meningkatkan produksi mereka. Hal tersebut membuat segmentasi pasar untuk pakaian muslim wanita saat menjelang Lebaran. Dilihat berdasarkan faktor-faktor yang menjadi dasar segmentasi yaitu dalam hal demografis dan situasi pemakaian.

Untuk meningkatkan penjualan dan menarik minat pembeli produsen membuat berbagai macam variasi untuk pakaian muslimah dimulai dari variasi warna, model, motif, bahkan ukuran.

Peningkatan permintaan terhadap pakaian muslim wanita menjelang lebaran terlihat pada tiap toko pakaian menjual pakaian muslim wanita dengan berbagai macam model dan variasi. Salah satunya yang saya lihat di Pasar grosir Tanah Abang blok A. Hampir setiap toko menjual pakaian muslim wanita berbagai macam model. Mulai yang seperti kemeja panjang wanita hingga yang berbentuk gamis yang dimodifikasi. Dimulai ukuran kecil hingga ukuran besar atau jumbo pun tersedia untuk memenuhi permintaan konsumen. Sebenarnya penjualan baju muslimah tetap ada meskipun bukan saat menjelang lebaran. Namun, peningkatannya terlihat saat menjelang Lebaran hingga dapat membuat segmentasi pakaian muslim wanita saat menjelang Idul Fitri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar