Rabu, 04 November 2009

RINGKASAN JURNAL_2_METODE RISET_KELOMPOK

ANGGOTA KELOMPOK

HERNITA FEBRIANI 10207535

KARTIKA SUKMAWATI 10207626

LIA JULAEHA 10207654

ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN BERDASARKAN TINGKAT PELAYANAN dan HARGA KAMAR MENGGUNAKAN APLIKASI FUZZY DENGAN MATLAB 3.5.

Indah Pratiwi dan Edi Prayitno

Jurusan Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Jl. A. Yani Tromol Pos Pabelan Surakarta

Email : indah_prat@plasa.com

Kualitas pelayanan yang baik yaitu dimana perusahaan mampu memberikan palayanan yang memuaskan agar terpenuhinya permintaan dan harapan konsumen (Sugiharto, 2000). Konsumen menghendaki pelayanan yang diterima cepat dan baik, itu merupakan nilai dalam peningkatan kualitas dalam pelayanan.

Penelitian ini melihat seberapa besar kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa hotel Istana berdasarkan aplikasi Fuzzy pada toolbox matlab 3.5.0.

Langkah-langkah yang dilakukan adalah pada metode analitis terdapat tiga tahapan logika fuzzy, yaitu 1) fuzzyfication terdiri dari membentuk variabel yang digunakan dan membentuk himpunan kabur, 2) inferensia, merupakan penentuan aturan dari sistem logika kabur, 3) defuzzyfication, disebut tahap penegasan dimana input dari proses penegasan adalah himpunan kabur dari komposisi himpunan aturan kabur dan output merupakan domain himpunan kabur tersebut.

Hasil dari pengolahan data, meliputi : input terdiri dari a) tingkat kualitas pelayanan didapat bilangan real 5,5 dengan domain [5 8] yang artinya variabel tingkat pelayanan baik, b) tingkat harga kamar dengan bilangan real 5,5 dengan domain [5 8] yang artinya tingkat harga kamar murah.

Kualitas merupakan faktor dasar yang dapat mempengaruhi pilihan konsumen untuk berbagai jenis jasa yang berkembang saat ini dan telah menjadi satu-satunya faktor dalam keberhasilan dan pertumbuhan suatu organisasi. Tiap konsumen mempunyai tingkat kepuasan yang berbeda, ini merupakan indikator yang baik untuk mengukur tingkat kualitas produk atau pelayanan yang mereka terima.

Maju dan berkembangnya tempat pelayanan umum seperti penginapan (perhotelan) tergantung dari kualitas pelayanan yang diberikan, merupakan dampak penting yang harus diperhatikan bagi pengelola pelayanan.

Penelitian bertujuan : 1) mengetahui dan memahami penenrapan aplikasi fuzzy dengan toolbox matlab 3.5.0. pada tingkat kepuasan konsumen Hotel Istana dengan input tingkat kualitas pelayanan dan tingkat harga kamar. 2) menegetahui seberapa besarkah kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan berdasarkan tingkat harga kamar dan tingkat kualitas pelayanan yang dirasakan pelanggan.

Jasa adalah setiap kegiatan yang ditawarkan oleh suatu pihak pada pihak lain dan dasarnya tidak berwujud, serta tidak mengahasilkan kepemilikan sesuatu. Karakteristik utama jasa yang membedakan dengan barang, yaitu:

1. Intangibility (tidak berwujud)

2. Inseparability (tiak dapat dipisahkan)

3. Variability (berubah-ubah)

4. Perishability (daya tahan)

a. Reliability, kemampuan memberikan pelayanan yang dijanjikan dengan segera, akurat, dan memuaskan.

b. Tangibles, meliputi fasilitas fisik, perlengkapan, pegawai dan sarana komunikasi.

c. Responsiveness, keinginan staf untuk membentuk pelanggan dan memberikan pelayanan dengan tanggap.

d. Assurance, mencakup pengetahuan, kemampuan, kesopanan dan dapat dipercaya yang dimiliki para staf bebas dari bahaya, resiko, atau keragu-raguan.

e. Emphaty, meliputi kemudahan dalam melakukan hubungan, komunikasi yang baik, perhatian pribadi dan memahami kebutuhan pelanggan.

Kepuasan konsumen merupakan faktor dasar yang menentukan proses pembelian selanjutnya. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen adalah : mutu produk, pelayanan, kegiatan penjualan, pelayanan setelah penjualan dan nilai-nilai perusahaan. Kualitas pelayanan penginapan, merupakan kesatuan dari tiga unsur, yaitu produk, perilaku, atau sikap, suasana lingkungan.

Kepuasan dapat di artikan sebagai suatu keadaan dalam diri seseorang, dimana ia telah berhasil mendapatkan sesuatu yang menjadi kebutuhan-kebutuhan dan keinginan-keinginannya, maka dari itu untuk memberikan kepuasan kepada tamu adalah berusaha mengetahui terlebih dahulu apa yang dibutuhkan dan inginkan oleh tamu yang akan atau sedang menginap di hotel, seperti : kebutuhan untuk disambut baik, kebutuhan pelayanan tepat waktu, kebutuhan untuk merasa nyaman, kebutuhan akan pelayanan yang rapi, kebutuhan untuk dimengerti, kebutuhan untuk mendapat pertolongan, kebutuhan untuk merasa penting dan kebutuhan lainnya.

Alasan menggunkan logika fuzzy yaitu : konsep logika fuzzy mudah dimengerti, sangat fleksibel, memiliki toleransi terhadap data-data nonlinier yang sangat kompleks, dapat membangun dan mengaplikasikan pengalaman-pengalaman para pakar secara langsung tanpa harus melalui proses pelatihan, dapat bekerja sama dengan teknik kendali secara konvensional pada bahasa alami.

Keterangan :

FUZZYFICATION

The Fuzzyfication meliputi proses transformasi nilai-nilai ke dalam nilai renyah keanggotaan untuk istilah linguistic fuzzy set. Fungsi keanggotaan digunakan untuk mengasosiasikan sebuah nilai untuk setiap istilah linguistic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar